Yayasan Pengembangan Teluk Bintuni

  • PDF
  • Print

Survey Juni 2013

  • Wednesday, 03 July 2013 01:03
  • Last Updated ( Tuesday, 24 September 2013 01:05 )
  • Written by Administrator

Sudah menjadi kegiatan rutin dan wajib dilakukan oleh YPTB untuk memulai pelaksanaan projek pembangunan fasilitas umum.  kegiatan survey untuk pembangunan fasilitas umum ini dilakukan setelah ada keputusan rapat pengurus tentang fasilitas-fasilitas umum yang akan bangun oleh YPTB dalam tahun berjalan.  dalam tahun 2013 ini ada beberapa fasilitas yang rencananya akan dibangun pada beberapa kampung.  Fasilitas yang akan dibangun diantaranya adalah (1). MCK Umum dan air bersih (2) Jembatan penyeberangan; (3) rumah guru yang tersebar pada beberapa kampung.

untuk memastikan kesiapan baik di tingkat YPTB maupun masyarakat/kampung maka dilakukan survey khususnya tentang lokasi yang akan digunakan untuk membangun fasilitas yang dimaksud.  Sudah menjadi persyaratan standar dari YPTB dimana untuk membangunan dibutuhkan dukungan dari masyarakat diwalayah tersebut, dukungan yang dimaksud berupa kesiapan lokasi yang dinyatakan dalam bentuk tertulis termasuk menyediakan lahan/lokasi.

Untuk memutuskan lokasi yang disiapkan sepenuhnya diserahkan kepada pemerintahan kampung (kepala kampung) dan masyarakat untuk memusyawarahkan dan memutuskan secara bersama-sama.  Tahapan-tahapan awal yang dilakukan dimulai dengan pemberitahuan tentang rencana pembangunan fasum di wilayah tersebut kepada kepala kampung, kemudian kepala kampung bersama masyarakat khususnya pemilik hak ulayat memutuskan lokasi yang disiapkan (dituangkan dalam surat pernyataan), setelah itu Tim YPTB melakukan pengukuran, pengecekan lokasi untuk disesuaikan dengan design yang telah disiapkan.

 

 

 

 

 

 

(wan)

  • PDF
  • Print

Peresmian TK Muhammadiyah Aisiah

  • Friday, 22 March 2013 23:59
  • Last Updated ( Saturday, 23 March 2013 00:06 )
  • Written by Administrator

Peresmian Taman kanak-kanak Aisiyah ini mengambil tema menjadi anak didik yang kaya ilmu, berahlak mulia dan berbudi pekerti luhur, dimulai pada pukul 10.00 WIT, dengan diawali pembacaan doa, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia kemudian penandatangan berita acara penyerahan antara YPTB dan Yayasan Muhammadiyah. Selanutnya berita acara tersebut diserahkandari pihak YPTB kepada Pemerintah daerah Teluk Bintuni hingga tercatat sebagai aset pemerintah daerah, untuk kemudian diserahkan kepada Pengurus Muhammadiyah. Daeri pengrus Muhamaddiyah pengelolaan dan pemeliharaan TK dan PAUD tersebut diserahakan kepada pengurus Aisiyah. Penyerahan berita acara ini juga disertai dengan dengan penyerahan kunci bangunan.

Acara selanjutnya adalah sambutan yang dawali oleh :

1. Ketua Yayasan Muhammadiyah, dimana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan YPTB yang telah memberikan bantuan berupa fasilitas pendidikan kepada Yayasan Muhammadiyah.

2. Sambutan dari YPTB yang disampaikan oleh Direktur pelaksana Yayasan Pengembangan Teluk Bintuni. Dalam sambutannya direktur YPTB menyampaikan bertujuan membantu meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Teluk Bintuni melalui pembangunan fasilitas-fasilitas pendidikan. Untuk itu diharapkan agar sarana dan prasarana yang telah dibangun ini di pelihara, dirawat dan dapat dikelola dengan baik agar dapat bermanfaat bagi anak-anak didik. Tidak lupa juga disampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah atas bantuan dan kerjasama sehingga pembangunan ini dapat terlaksana dengan baik.

3. Sambutan wakil bupati sekaligus meresmikan penggunaan taman kanak-kanak. Dalam sambutannya wakil bupati menyampaikan pernghargaan kepada para pendidik yang telah bekerja untuk membangun anak-anak didik di Kabupaten Teluk Bintuni. Beliau juga menyampaikan bahwa sektor pendidikan dan kesehatan memang menjadi fokus utama bagi pemerintah daerah teluk bintuni. Pendidikan contohnya pada awal terbentuknya kabupaten bintuni, 40 % siswa tidak bisa membaca dan menulis, hal inilah yang menjadi salah satu dasar digalakkannya program bebeas biaya pendidikan di kabupaten teluk bintuni, tepatnya mulai tahun 2007.

Dalam meningkatkankan pendidikan di bintuni ini pemda juga bekerjasama sengan yayasan-yayasan pendidikan lainnya diantaranya YPTB dan BC. Kedua lembaga pendidikan ini telah berbuat banyak untuk pendidikan di Bintuni, tinggal sekarang penyelenggara-penyelenggara pendidikan harus bisa menyukseskan apa yang telah kerjakan bersama-sama.

Sebelum mengkakhiri sambutan, wakil bupati juga mengingatkan bahwa kesuksesan pendidikan anak juga tergantung kepada orang tua, oleh karena itu para orang tua agar anak-anak yang sudah mencapai usia sekolah agar disekolahkan, jika ingin menjadikan anak yang berahlak dan dan berbdudi pekerti luhur dapat memanfaatkan yayasan-yayasan pendidikan yang ada sehingga pendidikan formal dan agama dapat berjalan selaras.

Kegiatan dilanjutkan pengguntingan pita oleh wakil bupati dan dilanjutkan dengan pembukaan ruangan oleh perwakilan PKK kabupaten Teluk Bintuni dan ditutup dengan istirahat yang dimeriahkan opertunjukkan oleh anak-anak taman kanak-kanak taman kanak-kanak TK Aisiyah.

Dalam peresmian ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis mebeulair berupa meja dan kursi untuk siswa dan guru, rak buku, rak alat peraga dan loker, buku-buku sebanyak 254 judul dengan total berjumlah 351 eksemplar, dan alat peraga berjumlah 276 unit yang terdiri dari 138 jenis.

 

  • PDF
  • Print

Monitoring Kemajuan Pekerjaan Februari 2013

  • Monday, 25 February 2013 06:33
  • Written by Administrator

Bintuni, Guna mengukur kemajuan pekerjaan atas pembangunan fasilitas-fasilitas yang sedang dikerjakan oleh mitra-mitra, maka kegiatan monitoring merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan.  Kegiatan monitoring sendiri dilakukan YPTB umumnya dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali bahkan lebih tergantung dari banyaknya fasilitas dan waktu pelaksanaaan pekerjaan.   Monitoring tersebut diilakukan biasanya pada awal memulai pekerjaan kemudian pada tahap pelaksanaan pekerjaan (2 - 3 kali) dan pada akhir pekerjaan ketika pekerjaan tersebut dinyatakan selesai.

Selama 3 hari sejak tanggal 19 - 21 Februari 2013, YPTB melalui staf tehniknya melakukan kegiatan monitoring diwilayah pantai Utara Teluk Bintuni, untuk melihat kemajuan perkembangan terhadap beberapa pekerjaan yang sedang dilaksanakan diantaranya yaitu :

1.  Pembangunan gedung ruang belajar (2 ruang + kantor guru) SMP Negeri Kamundan Distrik Kamundan

2.  Pembangunan Taman kanak-kanak Pertiwi di Kampung Mogotira Distrik Weriagar

3.  Pembangunan Tempat wudhu di Masjid Tomu, Kampung Tomu Distrik Tomu

4.  Pembangunan Taman kanak-kanak PGRI di Kampung Wanagir Distrik Tomu

5.  Pembangunan 3 unit rumah guru SMP Negeri 2 Arandai di Kampung Aranday Distrik Aranday.

pada kegiatan monitring umumnya selain melihat kemajuan juga memperbaiki jika terjadi kesalahan-kesalahan dalam pengerjaan atau menambahkan/mengurangi jika terjadi kelebihan atau kekurangan yang dilakukan oleh mitra YPTB.

Kegiatan monitoring ini dilakukan tidak semata-semata untuk mengetahui kemajuan pekerjaan secara fisik semata namun juga kendala-kendala non teknis yang dihadapi oleh mitra di lapangan seperti permasalahan pendistribusian bahan lokal (kayu), masalah cuaca dan masalah-masalah lainnya baik yang menunjang maupun menghambat dalam pelaksanaan pekerjaan untuk kemudian dijadikan laporan dan bahan evaluasi baik untuk YPTB maupun mitra.

Page 2 of 5